Waktu-waktu berdoa yang cepat dikabulkan



Hari ini saya akan memberitahukan sobat tentang waktu-waktu yang cepat dikabulkannya doa.
Waktu-waktu dimana do'a akan cepat dikabulkan atau mustajab, sering kali kita ber do'a kepada allah tentang keluhaan yang kita alami, baik yang sudah terjadi, yang sedang terjadi atau pun yang akan terjadi. Setiap orang menginginkan suatu permintaan yang diimpi-impikannya, lalu ada orang yang mencapainya dengan jalan yang salah, namun ada juga orang yang mencapainya dengan jalan yang benar.


Lalu bagaimana dengan hukum do'a? Ada banyak sekali ayat-ayat allah di dalam al-qur'an yang menjelaskan tentang berdoa, Allah berfirman dalam surat Al-A'râf ayat 55-56

Mohonlah (berdoalah) kamu kepada Tuhanmu dengan cara merendahkan diri dan cara halus, bahwasannya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas; dan janganlah kamu berbuat kebinasaan di bumi (masyarakat) setelah la baik; dan mohonlah (berdoalah) kamu kepada Allah dengan rasa takut dan loba (sangat mengharap); bahwasannya rahmat Allah itu sangat dekat kepada orang-orang, yang ihsan (Iman kepada Allah dan berbuat kebajikan).
Nah, setelah sobat baca, allah sendiri menyuruh kita untuk berdoa kepadanya, Sunnah atau Wajib? saya tidak tahu tapi apa salahnya jika kita berdoa karena sesungguhnya manusia adalah mahluk yang berdosa dan pelupa.

Waktu – Waktu Berdoa Yang Dikabulkan

1. Waktu Pertengahan Malam Terakhir
Seperti pada Firman Alloh yg berbunyi : ” Sesungguh-nya Rabb kami yg maha berkah lagi maha tinggi turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam akhir malam lalu berfirman : ” Barang siapa yg berdoa, maka akan ku kabulkan, barang siapa yg memohon pasti ku akan perkenankan dan barang siapa yg meminta ampun, pasti aku mengampuni-nya ( HR. Bukhari) “.

2. Waktu Setalah Sholat Wajib

Syaikh bin Baaz berkata. ” Kata Duburush shalat bisa berarti akhir shalat, tetapi sebelum salam, jg bisa berarti sesudah salam. Banyak sekalii hadist2 yg menunjukkan kpd dua pengertian itu, Namun kebanyakan hadits2 itu menunjukkan bahwa yg dimaksud adlah akhir Sholat, tetapi sebelum salam karena hal itu adda kaitan-nya dg Doa “.


3. Waktu Malam Lailatul Qadar

Dlm Surat Al-Qur’an menjelaskan bahwa” Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan . Pd Malam ittu turun malaikat – malaikat dan malaikat Jibril dg izin tuhan-nya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampaii terbit-nya fajar (QS. Al-Qadr: 3-4)”.

4. Waktu Antara Adzan dan Iqamah, 

” Doa tidak akan ditolak antara Adzan dan Iqamah” ( HR. – Abu daud )”.

5. Waktu Pada Saat Turun Hujan, 

” Dua Doa yg tidak pernah ditolak : Doa Pd Waktu Adzan dan doa pd waktu hujan ” (HR. Hakim).

6. Waktu pada Saat Jihad Fii Sabilillah, 

” Ada 2 (dua doa yg tidak bertolak / jarang tertolak yaitu pd saat Adzan dan Doa saat perang berkecamuk ” (HR. Abu Daud).

7. Waktu pada Saat Hari Jum’at

“Sesungguh-nya pd hari Jum’at ada satu saat yg tidak bertepatan seorang hamba muslim sholat dan memohon sesuatu kebaikan kpd Alloh melainkan akan diberikan kpd-nya dan beliau bersyaratt dg tangan-nya akan sedikitnya waktu tersebut ( HR. Bukhari)”. Tetapi dimungkinkan jg bahwa yg dimaksudkan adlh waktu antara Khutbah dan Shalat.

8. Ketika Bersujud dalam Sholat

” Adapun pd waktu sujud, maka bersungguh – sungguhlah berdoa sebab pd saat itu sangat tepat untuk dikabulkan (HR. Muslim)”.

9. Waktu Tidur dalam Keadaan Suci

Saat kita tidur dlm keadaan suci kemudian bangun pd malam hari lalu membaca doa yg ma’tsur (Doa yg datang darii Nabi Muhammad Saw), ” Tidaklah seseorang hamba tiidur dlm keada’an suci lalu terbangun pd malam hari kemudian memohon sesuatu tentang urusan duniat atau akherat melainkan Alloh akan mengabulkan-nya ( HR. Ibnu Majah)”..

10. Saat Memanjatkan Doa, 

” Laa Ilaaha illa anta Subhanaka inni kuntu minazh-zhalimin”

11. Doa Setelah meninggalnya seseorang

Ketika si mayat baru saja meninggal dunia atau memejamkan mata seperti sabda Nabi Saw ” Dari Ummu Salamah bahwa Rasulullah mendatangi rumah Abu Salamah (Pada hari wafatnya) dan beliau mendapatkan kedua mata abu salamah terbuka lalu beliau memejamkan-nya seraya bersabda ” Sesungguhnya tatkala ruh diicabut, maka pandangan mata akan mengikutiinya’, Beliau Bersabda : ” Janganlah kalian berdoa untuk diri kalian kecuali kebaikan, sebab para malaikat mengamini apa yg kamu ucapkan ( HR. Muslim)”..

12. Waktu saat ditimpa suatu musibah

Yaitu dg membaca ” Inna Lillahi wa inna ilaihi Raaji’un Allahumma’ jurnii fii mushibatii, wa akhliflii khairam minhaa”, Artinya ” Sesungguhnya kita adlh kepunyaan Alloh dan kpd-nya kita akan kembali. Ya Alloh berilah ganjaran dlm musibahku ini dan berikanlah ganti kepadaku yang lebih baik darinya”..

13. Doa Orang yang sedang Berpuasa sampai Berbuka

14. Doa setelah berwudhu

15. Doa pada saat Bulan Ramadhan

16. Doa dari orang tua atas anaknya dan doa seorang musafir

17. Doa orang–orang yang benar–benar dalam keadaan terjepit

18. Doa Pemimpin yang adil

19. Doa anak yg berbakti kepada kedua orang tuanya

20. Doa pada hari Arafah di Arafah

itulah beberapa waktu dan syarat dikabulkannya doa yang saya sampaikan, jika adalah salah ketik atau keliru mohon berkomentar di bawah.
Sumber http://rukun-islam.com/
Share Button
     
 

Posting Komentar