Mengenal FAT, FAT32, NTFS dan exFAT


Selamat malam sobat blogger, hari ini saya akan memberitahu tentang FAT, FAT32, NTFS dan exFAT. beberapa kata itu mungkin salah satunya pernah kita dengar, yap beberapa kata tersebut adalah type format flashdisk. Jika sobat memiliki flashdisk maka flashdisk sobat akan memiliki format dari keempat tipe tersebut.

sampai disini mungkin sobat akan bingung apa arti dari keempatnya 

FAT (File Allocation Table) dikenal juga dengan nama FAT16 adalah sebuah sistem file yang digunakan oleh MS-DOS dan sistem operasi Windows lainnya untuk mengatur penyimpanan file. File Allocation Table (FAT) adalah struktur data yang dibuat oleh Windows saat Anda memformat volume dengan menggunakan FAT atau sistem file FAT32. Windows menyimpan informasi tentang setiap file dalam FAT sehingga dapat mengambil file di lain waktu.

FAT32 adalah sebuah turunan dari File Allocation Table (FAT) sistem berkas. FAT32 mendukung ukuran cluster yang lebih kecil dan volume yang lebih besar dari FAT, hasilnya adalah alokasi ruang yang lebih efisien dengan volume FAT32. Diperkenalkan ke masyarakat luas ketika era windows 98. FAT32 menggunakan cluster address 32 bit yang memungkinkan untuk membuat partisi hingga 124 GigaByte, akan tetapi bila kita melakukan format langsung dari windows, maka hanya terbatas hingga 32 GigaByte. Besar maximal file adalah 4 GigaByte (belum tentu cukup untuk kita menyimpan image dalam sebuah DVD).

NTFS (New Technology File System) adalah sebuah sistem file yang lebih unggul dalam sistem pengoprasian, keamanan, dan keahlian yang tidak ada dalam versi FAT. Contohnya

NTFS menjamin konsistensi volume dengan menggunakan catatan transaksi yang standar dan teknik pemulihan. Jika sistem gagal, NTFS menggunakan catatan file dan informasi checkpoint untuk mengembalikan konsistensi dari sistem file. Pada Windows 2000 dan Windows XP, NTFS juga menyediakan fitur-fitur canggih seperti hak akses file dan folder, enkripsi, disk quota, dan kompresi.Pada file system ini besar partisi max 256 Terra Byte sedangkan besar datanya 16 Terra Byte. NTFS support terhadap metadata, yaitu database yang berisi informasi suatu file.

exFAT (singkatan dari Extended File Allocation Table, atau seringkali salah disebut sebagai FAT64) adalah sebuah sistem berkas proprietary yang cocok untuk digunakan oleh media-media penyimpanan berbasis memori flash.
Share Button
     
 

13 komentar

sekarang ane baru tau gan biasanya asal-asalan aja kalo format

Reply

wih ada penjelasan lengkap'a :D
makasih gan .. ^_^

Reply

makasih sob sekarang jadi tau perbedaanya fat, fat32 dan ntfs :)

Reply
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Oh fat ama fat32 ternyata begitu bedanya.....very nice info

Reply

Baru tahu kalau maksud dari format FD itu semacam ini. Ane fikir semua format sama aja karena juga bisa digunakan untuk menyimpan data

Reply

baru tau gan tntng fat ama fat32 nice info

Reply

baru tau gan fat sama fat32 itu beda ane kira sejenis

Reply

Ane sering lihat di informasi hard disk, flashdisk dan sebagainya. Iya sih suka lihat kadang ada yang format ntfs, fat32 dan sebagainya tapi ga tau maksudnya apa.
Thanks infonya gan :)

Reply

Oh jadi fat dan fat32 sama , nice info gan

Reply

terimakasih artikelnya sangat bermanfaat

Reply

ilmunya ajib banget nih. nice artikel gan. lanjutkan

Reply

Posting Komentar